Apakah Tas Spunbond Biodegradable atau Recyclable?

Pengertian tas spunbond adalah tas yang terbuat dari filamen polipropilena halus yang terikat secara bersamaan melalui proses pemanasan. Spunbond adalah singkatan dari spun bonding. Tas spunbond memiliki ketebalan sekitar 60 gram per meter persegi (gsm) sampai dengan 120 gsm. Pemahaman akan pengertian tas spunbond sebagai biodegradable atau recyclable, banyak yang salah mengartikannya.

Tas spunbond dapat digunakan di berbagai kesempatan. Sebagai contoh pada acara seminar, bingkisan ulang tahun, pameran, goodie bag, promosi produk, workshop dan sebagainya. Berbagai warna, bentuk, dan gaya pada tas spunbond banyak dipasarkan oleh para produsen tas. Sehingga Anda dapat memilih tas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Banyak orang yang menyukai tas spunbond dikarenakan terasa sangat ringan. Permukaan tas juga terasa halus ketika diraba. Tas ini tidak akan membuat benda di dalam tergores atau lecet. Hal itu disebabkan oleh karakteristik abrasi yang sangat rendah. Tas ini cocok digunakan sebagai pelindung barang-barang Anda. Jika Anda ingin mengirim barang yang berharga, Anda dapat membungkusnya dengan tas spunbond. 

Disamping itu, struktur polipropilena dari tas spunbond memungkinkan adanya aliran udara. Beberapa orang menggunakan tas ini untuk memberikan bingkisan makanan. Hal ini dikarenakan tas ini mencegah adanya kondensasi. Anda tidak akan khawatir jika makanan yang Anda kirim ke rekan atau keluarga akan mengembun.

Selain mencegah adanya kondensasi, tas spunbond tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti plastik, terutama jika terkena panas. Bahan polipropilena pada tas spunbond merupakan bahan yang aman. Polipropilena adalah polimer termo plastik yang aman untuk digunakan sehari-hari sebagai pengganti plastik. Penggunaan polipropilena juga digunakan untuk botol minum, kemasan makanan dan sebagainya.

Pengertian tas spunbond yang biodegradable atau malah recyclable?

Pengertian tas spunbond sebagai tas biodegradable adalah salah. Tas biodegradable adalah tas yang dapat terurai atau hancur oleh bakteri atau organisme hidup lainnya. Sedangkan bahan polipropilena pada tas spunbond tidak dapat terurai secara hayati. Ada beberapa tas spunbond yang diproduksi dengan serat biodegradable, namun tas tersebut akan menjadi sangat mahal dari tas polipropilena.

Pengertian tas spunbond sebagai tas recyclable adalah benar. Tas spunbond dapat dikatakan sebagai tas recyclable atau tas yang dapat didaur ulang. Kantong plastik yang terbuat dari polietilen pada dasarnya juga dapat didaur ulang. Permasalahannya adalah biaya daur ulang kantong plastik, hampir sama dengan harga tas spunbond yang baru.

Tas spunbond memang tidak membahayakan lingkungan jika dibandingkan dengan kantong plastik sekali pakai. Namun, tas spunbond tidak dapat dikatakan tas ramah lingkungan karena tidak biodegradable. Biodegradabilitas bisa menjadi solusi yang baik tergantung bagaimana biodegradasi plastik. Sebagian besar plastik biodegradable hanya terdegradasi sebagian dan menciptakan polusi tak terlihat.

Seperti yang Anda telah ketahui bahwa tas spunbond adalah recyclable, tas spunbond juga dikenal sebagai tas reusable. Tas reusable memiliki arti bahwa tas ini dapat digunakan berulang kali. Penggunaan kantong plastik umumnya dapat digunakan sebanyak dua kali pakai. Kantong plastik rentan robek terutama jika tergores benda-benda yang tajam, sehingga kantong plastik hanya akan berakhir di tong sampah.

Dibandingkan dengan kantong plastik, tas spunbond cukup tahan lama, kuat dan fleksibel. Anda dapat menyimpan barang belanjaan dengan menggunakan tas ini tanpa khawatir akan rusak atau robek. 

Tas spunbond tidak memerlukan perawatan khusus. Anda dapat mencucinya atau tidak, hal itu tidak menjadi masalah. Hal yang terpenting adalah Anda dapat menggunakan tas ini berulang kali sebanyak yang Anda perlukan.